Cari Blog Ini

Minggu, 28 Oktober 2012

Penduduk Dunia Masih Kekurangan Pangan , Bahkan Hampir Mendekati 1 Miliar



Berdasarkan UU No.7 tahun 1996 Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air, baik yang diolah, yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan, dan bahan lain yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahah, dan atau pembuatan makanan atau minuman.

Sudah jelas, pangan adalah sesuatu hal yang mutlak harus dipenuhi oleh setiap manusia dengan berbagai cara  apapun jenisnya. Sebab, tanpa bahan pangan manusia tidak akan bisa hidup. Akan tetapi didunia ini masih banyak yang masih saja kekurangan bahan pangan bahkan sampai kelaparan . Kondisi inilah yang menunjukan persoalan yang sangat mendasar dalam kehidupan manusia , misalnya saja di negara  Indonesia ini di wilayah Sumatra Utara sekitar bulan Maret 2010 lalu , sekitar 465.682 warga  Sumatra Utara mengalami kekurangan pangan. Menurut Sekretaris Daerah Sumut RE Nainggolan kekurangan pangan tersebut disebabkan oleh belum tersedianya bahan makanan yang cukup, distribusi makanan yang tidak merata dan kurangnya konsumsi pangan masyarakat.

Tidak hanya di Indonesia. Sebut saja Amerika , negara yang menyatakan dirinya adalah negara adidaya tersebut ternyata merupakan negara yang memiliki belasan juta warga miskin yang tak mampu membeli makanan. Pada tahun 2011 Departemen  Pertanian AS mengatakan bahwa hampir 17 juta warga Amerika Serikat menderita “keamanan pangan yang sangat rendah”.

Sudah sangat jelas, menurut saya masalah kelaparan didunia ini sulit untuk dipecahkan. Tidak usah berpikran tentang negara lain, dinegara kita sendiri masih banyak masyarakat yang kekurangan , bahkan sampai ada yang melakukan tindakan kriminalitas demi mendapatkan sesuap nasi, bahkan yang lebih parah lagi ada yang sampai meninggal dunia karena berhari-hari bahkan berminggu-minggu tidak makan. Kenapa demikian ? Padahal seharusnya negara Indonesia ini adalah negara yang kaya akan alamnya. Masalah kelaparan ini disebabkan oleh beberapa oknum terutama pada Sumber Saya Manusianya atau yang biasa disebut dengan SDM. Kurangnya kesadaran masyarakat akan kelestarian alam ini, banyak yang berpendapat atau berpikiran bahwa kekayaan alam Indonesia jika diguanakan dengan secara berkala (terus-menerus) tidak akan habis. Pendapat ini yang kurang saya setujui, memang benar Indonesia ini adalah negara kaya akan tetapi masyarakat seharusnya memanfaatkan alam ini dengan sebaik mungkin, bukan dengan semaksimal mungkin.

Bukan hanya itu masalah kelaparan ini terletak pada kurangnya lapangan pekerjaan dan kurangnya rasa aman yang dirasakan masyarakat untuk melakukan suatu pekerjaan.

Menurut saya pendapat saya hampir sama dengan pendapat Wakil Presiden “Boediono” yang mengatakan “Penyebab nomor satu kelaparan adalah politik dan keamanan yang tak memungkinkan penduduk bekerja serta memenuhi kebutuhan pangan Penyebab kedua yakni kebijakan sektor pertanian, khususnya pangan, yang salah arah”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar