Cari Blog Ini

Sabtu, 14 Desember 2013

MAKNA KATA "MAAF DAN TERIMA KASIH"

BETAPA PENTINGANYA KALIMAT “TERIMA KASIH” DAN “MAAF”

Kita sering mengucapkan dan mendengar kata maaf dan kata terima kasih. Kata maaf  dan terima kasih kedengarannya adalah kata-kata yang biasa dan simple. Akan tetap kata maaf dan terima kasih sangat besar maknanya. “maaf” adalah kata yang sangat ampuh ketika kita sedang dihadapi dengan masalah. 

Kata inilah yang bisa menghapus semua dendam, permusuhan, kesalahpahaman, rasa tidak percaya, dan segala hal yang berhubungan dengan permasalahan hati. 

Apalagi jika kata “maaf” di ucapkan dengan perasaan yang tulus ikhlas, tanpa pamrih apapun. Terkadang kita mudah mengatakan kata ‘maaf”. Misalnya aja “sorry gue telat” (tanpa ada rasa bersalah).  

Dan bahkan ada pula orang yang tidak gampang meminta maaf pada orang lain. Misalnya saja, ia sedang berjalan kemudian menyenggol buku yang ada dimeja, buku itu terjatuh, bukannya memintaa maaf malah balik marah dan bilang “salah siapa taruh buku dipinggir”. 

Yah, begitulah kehidupan sehari-hari. Padahal kata maaf sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan.

Satu lagi kata yang sangat berperan penting terhadap kehidupan kita “terima kasih”. Yah kata itu sering juga kita ucapkan dan sering juga kita dengarkan. Coba hitung, dalam sehari seberapa banyak dan seberapa sering mengucapkan terima kasih ? semakin banyak kita mengucapkan terima kasih atu artinya semakin banyak dibantu oleh orang lain, dan justru sebaliknya jika semakin banyak kita menerima kata “terima kasih” dari orang itu artinya semakin banyak orang yang telah kita bantu.

Dari sini kita bisa ambil sedikit manfaat, betapa pentinganya kata “maaf” dan kata “terima-kasih”. Kata-kata yang biasa kita ucapkan dalam kehidupan sehari yang tanpa disadari sangat penting dan sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar