Cari Blog Ini

Selasa, 20 November 2012

AKHIRNYA CHOIRUL TANDJUNG KUASAI CAREFOUR

sumber gambar : http://www.inilah.com/read/detail/467581/chairul-tanjung-kuasai-40-saham-carrefour



AKHIRNYA CHOIRUL TANDJUNG KUASAI CAREFOUR

Pengusaha nasional Chairul Tanjung akhirnya menguasai 100% saham Carrefour Indonesia. Langkah akuisisi Carrefour oleh Chairul Tanjung memunculkan dugaan adanya motif mencari perlindungan terhadap sederet kasus yang menimpa Carrefour.

Beberapa sumber mengatakan akuisisi Carrefour ini lebih ditujukan untuk kepentingan pengamanan sebab, seperti diketahui, selama ini Carrefour terlilit banyak kasus. Kasus itu, di antaranya, adalah tudingan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terkait monopoli pasar dengan mengakuisisi 75 persen saham PT Alfa Retailindo, pengelola Alfamart, pada Januari 2008.

CT Corporation melalui Trans Ritel telah mengakuisisi 40 persen saham perusahaan ritel terbesar di Tanah Air, PT Carrefour Indonesia. Dengan akusisi tersebut, Trans Ritel menjadi pemegang saham tunggal terbesar. Sementara itu, pemegang saham lainnya adalah Carrefour SA sebesar 39 persen, Carrefour Nederland BV (9,5 persen), dan Onesia BV (11,5 persen).

CT mengatakan alasan mengapa dia mengambil pusat perbelanjaan asal Perancis itu. Menurut dia, filosofinya sederhana. Bisnis ritel tidak boleh dikuasai asing. Bila bisnis ritel tidak dikuasai bangsa sendiri, pasti akan membahayakan bangsa.

Saya sangat setuju dengan apa yang dikatakan Coirul Tandjung , menurut saya, ini adalah negara kita negara orang-orang asli Indonesia akan tetapi banyak usaha-usaha atau perusahaan-perusahaan yang didirikan oleh orang asing. Seharusnya kita punya terobosan baru yang mana kita berusaha supaya dunia usaha tidak dikuasai oleh orang asing.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar