Cari Blog Ini

Minggu, 18 November 2012

BURSA BERJANGKA HARUS MENJADI PRIORITAS UTAMA BAGI INDONESIA


sumber gambar: http://www.antarafoto.com/peristiwa/v1245746653/investasi-bursa-berjangka

Bursa berjangka di Indonesia, baik Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) maupun Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI), masih eksklusif, sehingga belum memberikan dampak nyata kepada kemajuan ekonomi. Harga komoditas yang terbentuk di kedua bursa belum menjadi acuan dan sarana lindung nilai.


Manajemen dua bursa berjangka Indonesia, PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan PT Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) optimistis transaksi perdagangan berjangka pada 2012 akan meningkat 
 dibandingkan tahun ini. Roy Sembel, Direktur Bursa Berjangka Jakarta mengatakan pendorong kenaikan transaksi bursa adalah bertambahnya produk-produk terbaru yang bisa ditransaksikan investor.


Salah satunya dengan meningkatkan kualitas hedging. Indonesia dituntut untuk berkembang dan dapat menyamai posisi bursa di Singapura dan Malaysia, sehingga dapat dipercaya petani dan pedagang di Indonesia mendapatkan perlindungan nilai dari risiko transaksi.


Bursa Berjangka kini menjdi prioritas utama untuk Indonesia, terbukti 13 pialang berjangka yang tercatat sebagai anggota Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI). Ketigabelas pialang berjangka tersebut berhak atas predikat Pialang Berjangka dan Teraktif 2012.
Indonesia mulai banyak kemajuan dan banyak perkembangan tentang bursa berjangka. Pndapat saya serupa dengan Ketua Dewan Juri Pemilihan Pialang Berjangka Terbaik 2012 Hasan Zein Mahmud yang mengatakan, pada tahun kedua penjurian pialang berjangka komoditas, banyak perbaikan yang terjadi dalam perkembangan bursa berjangka. Saat ini, banyak pialang mulai menggerakkan transaksi multilateral komoditas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar